Home » , » Nite Ride

Nite Ride

Written By Muji Anggara on Rabu, 16 Juli 2014 | 01.21


Sebagian goweser foto bareng sebelum Nite Ride
Nite Ride atau gowes malam bagian-2 mulai semarak menjelang bulan puasa, manusia sepeda memang selalu ingin menyalurkan hasratnya untuk bersepeda dan mencari peluang untuk bisa menggowes sepedanya. Bersepeda di bulan puasa tentunya tak bisa disamakan dengan bulan biasa, namun hasrat bersepeda tetap menggelora dihati manusia sepeda.
Karena bulan puasa Green Gowes Community Samarinda atau sering disebut GGCS mengganti doses gowes yang biasa sore dihari sabtu, kali ini dimundurkan jadwal menjadi sabtu-minggu karena mulai sekitar jam 21.00 – 03.00 Wita.
Beberapa teman sempat bertanya : “ngapain sih sepedaan malam-malam?”
Sulit menjelaskan dengan kata sensasi yang didapatkan saat Nite Ride  atau NR terutama di track off road, track biasanya sudah beberapa kali dilalui di siang hari, namun akan terasa berbeda saat dilalui di malam hari, ada beberapa tempat yang dianggap extreem di siang hari akan terasa lebih extreme di malam hari, faktor jarak pandang lah yang membuat seperti itu.
Zainal merebahkan badannya sejenak untuk menghilangkan capek
Selain tempat extreme ada juga beberapa tempat yang dirasa lebih angker apabila dilalui malam hari, misalnya kuburan, huran atau sarang ular, disiang hari mungkin kita akan merasa biasa saja, bagaimana kalau malam? hehehe anda sendiri yang bisa mengendalikan perasaan di tempat itu.
Malam hari tanaman akan lebih banyak menarik oksigen sehingga kita akan bersaing berebut oksigen dengan tanaman di sekitar kita sehingga nafas kita pun akan berbeda rasanya dengan siang hari.
Walau ada sebagian goweser lebih sering mengeluh karena medan, tyang tadinya tidak di kondisikan Offroad. Ada kendala-kendala kecil yang mungkin kalau siang dianggap bukan kendala, tetapi semua bisa diatasi.
Santai dititik akhir NR
NR kali ini hanya satu yang perlu diperbaiki yaitu KEBERSAMAAN Karena dilihat tadinya goweser sebanyak 23 Goweser tiba-tiba pecah menjadi beberapa bagian. Perpecahan ini justru pada saat medan Offroad. Disini sangat disayangkan sekali. Padahal jika mau bersama saling menolong saling menunggu akan lebig indah, akan lebih asyik. Lampu kelap-kelip asyik dilihat ketika malam hari dengan bersama-sama.
Goweser yang terpecah menjadi beberapa bagian tadi, terlihat lebih kompak goweser terakhir. Kenapa...? karena goweser terakhir ini terdiri dari 5 goweser dan saling membantu satu sama lainnya. Membersihkan ban, rantai lepas ada yang memberi penerangan ada yang memegang sepeda ada yang membersihkan lumpur dan sebagainya. Asyik kan kalau terlihat begini???
Kendala-kendala kecil demikian dapat diatasi karena kebersamaan. Terkadang terpikirkan bagaimana membuat kesadaran untuk bersama-sama, bareng-bareng untuk menikmati pemandangan hobby yang dilakukan saat ini. Mungkin akan terasa indah.

Sepeda :
sepeda harus dalam kondisi layak gowes, tentunya hal ini untuk menjaga keselamatan anda selama di dalam track, disisi lain tentunya anda tidak mau kan ada masalah dengan sepeda anda di tengah gelapnya track?
Istirahat sebelum pulangan, Minggu 02.30 Wita
Lampu :
Lampu yang digunakan bisa lampu yang menempel di handlebar sepeda ataupun head lamp, mana yang lebih baik?
Lampu yang dipasang di handlebar akan selalu mengikuti arah pergerakan handlebar anda dan tidak menambah perangkat di tubuh anda, namun beberapa pesepeda lebih menyukai headlamp karena bisa diarahkan sesuai keinginan anda, anda bisa pilih salah satu atau gunakan keduanya.
Selain lampu depan juga sebaiknya gunakan lampu belakang agar anda dapat terlihat dari belakang
Nah goweser malam kemarin (12/7/14) ada sebagian goweser yang tidak mempunyai lampu. Padahal keadaan medan offroad. Tetapi bisa teratasi walau hal tersebut menjadi kendala tersendiri bagi goweser.
Kelap-kelip lampu belakang goweser saat malam hari
Tools
Siapkan tools yang sesuai untuk sepeda anda, berharaplah alat ini tidak digunakan namun apabila sepeda anda ada masalah di tengah gelapnya track alat ini akan sangat membantu
Ditempat Finish Istirahat sambil ngobrol
Pakaian
Usahakan gunakan pakaian berwarna cerah sehingga anda dapat terlihat,selain itu gunakan lengan panjang untuk mengurangi terpaan angin malam juga mengurangi resiko gigitan nyamuk. Apabila anda memiliki gelang reflektor sebaiknya digunakan di bagian yang mudah terlihat seperti pergelangan tangan bagian atas ataupun pergelangan kaki.
Bersepeda malam melewati track off road dan berada di tengah pepohonan tentunya membuat anda menjadi makan malam bagi rekan-rekan nyamuk, oleh karenanya jangan lupa gunakan pelindung gigitan nyamuk, oleskan di bagian-bagian terbuka di tubuh anda misalnya leher, muka, kaki.
Didepan Masjid dijadikan tempat Finish
Group Riding
Bersepeda malam di track off road merupakan salah satu varian bersepeda yang mengasyikan, menembus kegelapan tentunya bagi sebagian orang akan menimbulkan perasaan takut, untuk mengurangi rasa takut itu maka biasanya bersepeda malam di track off road dilakukan secara berkelompok atau group riding.
Pembagian jumlah anggota dalam setiap kelompok sebaiknya tidak lebih dari 1o sepeda untuk memudahkan komunikasi antara goweser, posisi depan dan paling belakang adalah orang yang sudah paham betul track yang akan dilalui sehingga akan mengurangi resiko tersesat.
Diakui hal diatas beum dilakukan goweser GGCS saat itu.
Sepeda dibiarkan berhamburan, pemilik saling cari tempat istirahat
 Teknik bersepeda malam
Bersepeda malam hari dan siang hari tentunya ada perbedaan, saat bersepeda malam anda sebaiknya lebih sering melakukan komunikasi dengan goweser di depan dan di belakang anda, selalu berikan peringatan suara apabila ada sesuatu yang dirasakan berbahaya misalnya, ada lubang dalam. pohon melintang, tikungan tajam, turunan curam dan lain-lain.
Informasi yang disampaikan oleh pesepeda paling depan selalu harus diulangi oleh pesepeda dibelakangnya dan menjadi pesan berantai sampai belakang, cara ini efektif untuk mengurangi resiko dan juga menambah ramai suasana di tengah kegelapan.
Pandangan anda saat bersepeda malam jangan terlalu jauh ke depan tapi selalu konsentrasi terhadap track di depan anda, apabila goweser di belakang anda tertinggal jauh segera beri info berantai kepada goweser di depan anda untuk diteruskan sampai goweser paling depan.
Ingin mencoba sensasi Nite Ride? cobalah sesekali di track off road makan anda akan bisa merasakan sesuatu yang berbeda, selain itu NR juga bisa membuat tubuh anda lebih bugar karena tetap berolahraga walau bulan puasa, manfaat lain yang anda dapat adalah team work
Anda pernah Nite Ride? bagaimana pengalaman anda? silakan berbagi
Salam Nite Ride

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GGC Samarinda - All Rights Reserved
Template Created Editor by Muji Anggara Published by GGC Samarinda
Proudly powered by Blogger